Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Aktif Numbered Head Together Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Pujiastuti, Tutik and , Dra. Haryatmi, M.Si. (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Aktif Numbered Head Together Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (59kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran aktif Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar dengan obyek penelitian adalah hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis dengan analisis kritis dan analisis komparatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPS Siswa Kelas IV melalui pembelajaran pembelajaran aktif Numbered Head Together (NHT) terbukti rata-rata prestasi belajar siswa pada pra tindakan 65, pada siklus I 69, pada siklus II 80 dengan acuan nilai KKM 70.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran aktif numbered head taogether (NHT), hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Mar 2013 10:09
Last Modified: 03 Nov 2021 06:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23101

Actions (login required)

View Item View Item