Peningkatan Minat Belajar PKn Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN 02 Petung Kec. Jatiyoso Kab. Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Larsito, Larsito and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si (2013) Peningkatan Minat Belajar PKn Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN 02 Petung Kec. Jatiyoso Kab. Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (431kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian di SDN 02 Petung Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar PKn melalui penerapan metode pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas V SDN 02 Petung Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar. Masalah yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas V SDN 02 Petung. Subyek penelitian adalah guru dengan siswa kelas V SDN 02 Petung. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Yang menjadi obyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Petung yang berjumlah 24 orang. Data-data yang dikumpulkan berupa data pengamatan melalui lembar observasi dan dokumen kegiatan berupa foto kegiatan pembelajaran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kritis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, hipotesis yang dirumuskan telah terbukti kebenarannya. Dengan penerapan metode Jigsaw dapat meningkatkan minat belajar PKn pada siswa kelas V SDN 02 Petung. Terbukti dengan angka persentase minat siswa pada kondisi awal yang hanya 37,6% meningkat menjadi 45,2% pada siklus I dan mencapai angka 78,8% pada akhir siklus II. Total peningkatan motivasi adalah sebesar 41,2%. Berdasarkan kondisi ini terbukti bahwa pembelajaran dengan metode Jigsaw mampu meningkatkan minat belajar PKn pada siswa kelas V SDN 02 Petung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, metode Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Mar 2013 12:30
Last Modified: 03 Nov 2021 05:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23099

Actions (login required)

View Item View Item