Peningkatan Kreatifitas Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Learning By Doing Pada Siswa Kelas V SDN 06 Tawangmangu

Sriyati, Sriyati and , Drs. Ahmah Muhibbin, M.Si (2013) Peningkatan Kreatifitas Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Learning By Doing Pada Siswa Kelas V SDN 06 Tawangmangu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (620kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Dafatr Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (311kB)

Abstract

Penenlitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran teknik Learning By Doing pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 06 Tawangmangu; (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 06 Tawangmangu. (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 06 Tawangmangu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai aktivitas siswa pada siklus I sebesar 50 % dan pada siklus II menjadi 98 %, peningkatan disini mencapai 48 %. Sementara untuk hasil belajar siswa, ketuntasan pada siklus I sebesar 57% dan ketuntasan pada siklus II meningkat menjadi 90 %, peningkatan disini sebesar 43 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru menggunakan teknik Learning By Doing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan penelitian ini dapat dijadikan langkah awal untuk penelitian lebih lanjut. Penelitian selanjutnya diharapakan bisa lebih bervariatif kegiatan yang dilakukan siswa, sehingga kegiatan siswa mengahafal semakin berkurang diganti dengan berbuat dan hasilnya bisa diaplikasikan siswa dalam kehidupan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreatifitas belajar, metode Learning By doing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Mar 2013 12:19
Last Modified: 03 Nov 2021 04:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23097

Actions (login required)

View Item View Item