Peningkatan Hasil Belajar Materi Kubus Dan Balok Melalui Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kedungjeruk Tahun Pelajaran 2012/2013

Farida, Erny (2013) Peningkatan Hasil Belajar Materi Kubus Dan Balok Melalui Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kedungjeruk Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf

Download (92kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika tentang kubus dan balok dengan menggunakan pendekatan cooperative learning tipe Jigsaw pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Kedungjeruk. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas IV SD Negeri 01 Kedungjeruk dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Indikator meningkatnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan dari siklus I sampai dengan siklus III sebagai berikut: pada siklus I ketuntasan siswa mencapai 11 anak atau 55%, siklus II meningkat menjadi 15 anak atau 75% dan siklus III mencapai 18 anak atau 90%. Peningkatan hasil siklus I ke siklus II sebesar 20% peningkatan siklus II ke siklus III sebesar 15%. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, yakni”Pendekatan cooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada konsep sifat bangun ruang pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Kedungjeruk Tahun 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan cooperative tipe Jigsaw, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Mar 2013 09:06
Last Modified: 11 Mar 2013 11:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23087

Actions (login required)

View Item View Item