Peningkatan Berbicara Dengan Penerapan Pembelajaran Sosiodrama Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Baturan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Warti, Warti and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Peningkatan Berbicara Dengan Penerapan Pembelajaran Sosiodrama Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Baturan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (814kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (595kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningktkan hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pembeljaran Sosiodrama pada siswa kelas II SD Negeri Baturan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode ceramah, test, dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif yang mempunyai empat komponen yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. vAdapun prosedur penelitian yang dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), refleksi (reflection), dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil belajar siswa sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas diperoleh data 36,84% yang sudah memenuhi ketuntasan belajar, sedangkan 63,61% belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus I prosentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 63,16%, sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan dapat memenuhi nilai KKM (65). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II semester I SD Negeri Baturan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar Bahasa Indonesia, pembelajaran Sosiodrama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Mar 2013 08:24
Last Modified: 03 Nov 2021 04:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23084

Actions (login required)

View Item View Item