Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi Indonesia Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Jatikuwung Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Sumardi, Sumardi and , Dra.Suparti, M.Si (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi Indonesia Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Jatikuwung Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (620kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (408kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (389kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi Kegiatan ekonomi Indonesia melalui metode tutor sebaya pada siswa kelas V SD Negeri 01 Jatikuwung kecamatan Jatipuro kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan jumlah tindakan sebanyak 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi untuk masing-masing siklus. Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data hasil penelitian dapat dilihat hasil belajar siswa yaitu dari 54% (pra siklus) meningkat menjadi 66,7% (siklus I) dan 93,3% (siklus II). Kemudian dari hasil belajar siswa tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran melalui metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Kegiatan ekonomi Indonesia. Berdasarkan keseluruhan hasil penelitian, maka hipotesis penelitian yang berbunyi :“Metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Kegiatan ekonomi Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 01 Jatikuwung tahun pelajaran 2012/2013”.telah terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tutor sebaya, hasil belajar, metode
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Mar 2013 08:19
Last Modified: 03 Nov 2021 04:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23083

Actions (login required)

View Item View Item