Peningkatan Kreativitas Belajar Ipa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Gemantar Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Daryanto, Daryanto (2013) Peningkatan Kreativitas Belajar Ipa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Gemantar Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (518kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (434kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Gemantar dengan pembelajaran metode demonstrasi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai subjeknya adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Gemantar Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pencatatan arsip, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan kreativitas hasil belajar IPA tentang mendeskripsikan bagian-bagian bunga setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran metode demonstrasi. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kreatifitas belajar pada setiap siklusnya. Pada pra siklus prosentase kreatifitas siswa sebesar 58,5% dan siklus I mengalami peningkatan kreatifitas belajar siswa sebesar 66,1% pada siklus II mengalami peningkatan kreativitas belajar siswa menjadi 79%. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran IPA dengan penerapan pembelajaran metode demonstrasi.dapat meningkatkan kreativitas hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Gemantar Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar, metode demonstrasi..
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Mar 2013 08:12
Last Modified: 11 Mar 2013 13:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23082

Actions (login required)

View Item View Item