Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Penerapan Strategi Guide Note Taking Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Bejen Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

M.Anshori, M.Anshori (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Penerapan Strategi Guide Note Taking Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Bejen Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEAPAN.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (270kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui metode catatan terbimbing (guide note taking) pada siswakelas 4 SD Negeri 02 Bejen tahun pelajaran 2012/2013 Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Metode pengumpulan digunakan melalui metode tes,observasi,catatan lapangan,dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulandata,reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 02 Bejen. Obyeknya adalah keterampilan siswa menulis. Pada Siklus I menunjukkan peningkatan keterampilan menulis narasi dengan nilai ratarata 69,2 dan prosentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (70) sebanyak 60,7% (17 siswa). Pada Siklus II menunjukkan peningkatan keterampilan menulis narasi dengan nilai rata-rata 75,4 dan presentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (70) sebanyak 82,1% (23siswa). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan menulis narasi setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan metode catatan terbimbing (guide note taking).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis narasi, metode catatan terbimbing (guide note taking)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Mar 2013 07:43
Last Modified: 11 Mar 2013 13:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23081

Actions (login required)

View Item View Item