Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian Dan Pembagian Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V SDN 04 Plumbon Tahun 2012/ 2013

Nurzanah, Nurzanah and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2013) Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian Dan Pembagian Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V SDN 04 Plumbon Tahun 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Dfatra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (411kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran kelas V SDN O4 Plumbon, Kecamatan Tawangmangu yang terdapat kelemahan dan kekurangan antara lain :Pembelajaran masih berpusat pada guru sebagai sumber utama, siswa tidak mampu memahami pelajaran, siswa tidak berani berpendapat dan hasil belajar masih rendah. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menghitung perkalian dan pembagian mata pelajaran matematika dengan model pembelajaran Kontekstual pada siswa kelas V SDN 04 Plumbon Kecamatan Tawangmangu tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SDN 04 Plumbon dengan subyek siswa kelas V. Adapun data yang dikumpulkan berupa aktifitas dan hasil beljar siswa dan proses penerapan model pembelajaran kontekstual pada materi menghitung perkalian dan pembagian. Proses penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang meliputi lima tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis rata rata nilai kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan rata rata hasil belajar siswa pada siklus I , ranah kognitif = 66,66% atau meningkat 11,11% dari nilai awal; ranah perilaku afektif = 66.66 % ( baik ) dan ranah psikomotorik 55.55 % ( sangat baik ). Rata rata hasil siklus II, ranah kognitif = 76.66%, ( berhasil ) atau meningkat sebesar 10% dari sklus I; ranah afektif 77.77 % atau meningkat 11.11 % ; ranah psikomotorik 77.77% atau meningkat 22.22 % dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 04 Plumbon Kecamatan Tawangmangu tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelaaran kontekstual, perkalian dan pembagian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Mar 2013 06:42
Last Modified: 28 Oct 2021 02:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23077

Actions (login required)

View Item View Item