Peningkatan Kemandirian Belajar IPS Melalui Metode Demonstrasi Dan Pemanfaatan Media Plastisin Pada Siswa Kelas V SDN 02 Kalisoro Tawangmangu Kabupaten karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Purniawati, Endang and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si (2013) Peningkatan Kemandirian Belajar IPS Melalui Metode Demonstrasi Dan Pemanfaatan Media Plastisin Pada Siswa Kelas V SDN 02 Kalisoro Tawangmangu Kabupaten karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (474kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar IPS kelas V SDN 02 Kalisoro. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDN 02 Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap kegiatan pembelajaran, penyebaran angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara analisis kritis dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar dalam pembelajaran IPS pada materi Kenampakan Alam dan Buatan serta Pembagian Wilayah Waktu Indonesia.Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan prosentase indikator pencapaian kemandirian belajar siswa meliputi: Kesiapan dalam mengikuti pelajaran sebanyak 11 siswa (79%), memperhatikan penjelasan guru sebanyak 9 siswa (64%), mengerjakan soal latihan yang diberikan guru dengan baik sebanyak 8 siswa (57%), siswa yang aktif bertanya tentang materi pelajaran yang belum dipahami sebanyak 9 siswa (64%), siswa mau mencari sumber belajar yang lain berupa buku dan bahan lain sebanyak 5 siswa (36%), siswa mengerjakan PR dibantu orang lain sebanyak 12 siswa (86%), siswa berani mempresentasikan hasil kerja pribadi atau kelompok di depan kelas sebanyak 8 siswa (57%), siswa berani berkompetisi dengan teman dalam berkelompok sebanyak 7 siswa (50%), mempersiapkan alat belajar sendiri sebanyak 8 siswa (57%), siswa mengerjakan tugas dari guru tepat waktu sebanyak 7 siswa (50%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Media Plastisin, Metode Demonstrasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Mar 2013 07:33
Last Modified: 03 Nov 2021 03:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23071

Actions (login required)

View Item View Item