Pengaruh Intensitas Menonton Serial Animasi Upin Dan Ipin Terhadap Nilai-Nilai Moral Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta).

Hapsari , Vina Tri (2013) Pengaruh Intensitas Menonton Serial Animasi Upin Dan Ipin Terhadap Nilai-Nilai Moral Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pusaka.pdf

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (226kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Televisi merupakan salah satu media massa yang banyak diminati khalayak. Berbagai macam program ditanyangkan dan salah satunya adalah serial animasi. Banyaknya serial animasi yang ditayangkan di televisi secara tidak langsung mempengaruhi perilaku anak. Dewasa ini banyak serial animasi yang menampilkan adegan kekerasan sehingga orang tua harus selektif dalam memilih program yang tepat untuk anak-anak. Namun tidak semua serial animasi menampilkan kekerasan, salah satunya adalah animasi Upin dan Ipin di MNCTV yang kaya akan nilai moral. Berdasarkan pemikiran tersebut, peneliti ingin mencari tahu bagaimana pengaruh tayangan serial animasi Upin dan Ipin terhadap siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ketelan surakarta dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh tayangan animasi Upin dan Ipin tehadap siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Surakarta.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yaitu metode yang melihat sejauhmana pengaruh antara suatu variabel terhadap variabel lainnya. Sebagai alat pengumpulan data di gunakan kuesioner yang dibagikan kepada 40 siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Surakarta. Setelah melakukan penelitian dan perhitungan atas jawaban‐jawaban yang diberikan responden melalui kuesioner, hasil koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y, diperoleh koefisien korelasi (rho) sebesar 0,743 dengan signifikansi atau nilai probabilitas dari 0,000 hingga 0,027 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya semakin tinggi intensitas menonton Film animasi Upin dan Ipin, maka semakin tinggi nilai‐nilai moral yang dimiliki anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Film animasi Upin dan Ipin, Intensitas Menonton dan Nilainilai Moral anak
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 08 Mar 2013 12:17
Last Modified: 08 Mar 2013 12:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23061

Actions (login required)

View Item View Item