Upaya Peningkatan Keterampilan Menyampaikan Pesan Melalui Strategi Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI SDN 03 Jatipurwo Tahun Pelajaran 2012/2013

MARJITO, MARJITO (2013) Upaya Peningkatan Keterampilan Menyampaikan Pesan Melalui Strategi Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI SDN 03 Jatipurwo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (570kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (352kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan strategi role playing dapat meningkatkan keterampilan menyampaikan pesan pada siswa kelas VI SDN 03 Jatipurwo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini terdiri dari tujuan khusus dan tujuan umum. Tujuan khususnya adalah untuk meningkatkan keterampilan menyampaikan pesan melalui strategi Role Playing pada siswa kelas VI SDN 03 Jatipuro Kecamatan Jatipuro tahun pelajaran 2012/2013. Sedangkan tujuan umumnya adalah setelah keterampilan menyampaikan pesan meningkat maka (1) perhatian siswa terhadap pembelajaran meningkat, (2) keaktifan siswa dalam proses pembelajaran meningkat, (3) ketertarikan siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia meningkat, (4) kreatifitas serta pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 03 Jutipurwo Jatipuro tahun pelajaran 2012/2013 yang jumlahnya 11 anak (6 laki-lakidan 5 perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model mengalir yaitu meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap verifikasi / penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Keterampilan siswa dalam menyampaikan pesan meningkat, siswa mampu menyampaikan pesan secata runtut, baik dan benar. Aktivitas siswa dalam peningkatan keterampilan menyampaikan pesan dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui strategi Role Playing siswa lebih aktif, bermotivasi dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. (2) Peningkatan keterampilan menyampaikan pesan pada siswa kelas VI SDN 03 Jatpurwo setelah penerapan strategi pembelajaran Role Playing meningkat yang terlihat dari jumlah siswa yang mampu menyampaikan pesan secara runtut, baik, dan benar yaitu sebelum tindakan hanya 2 siswa itupun hanya memenuhi kriteria runtut dan baik saja serta hanya pada taraf keterampilan sedang. Padasiklus I sebanyak tiga siswa(27,27%). Padasiklus II sebanyak enam siswa (54,45 %). Padasiklus III sebanyak delapan siswa (72,27 %).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menyampaikan pesan dengan strategi Role Playing, meningkat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2013 12:00
Last Modified: 08 Mar 2013 12:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23058

Actions (login required)

View Item View Item