Masalah Kependudukan Dalam Media (Studi Analisis Isi Masalah Kependudukan yang Direpresentasikan dalam Majalah National Geographic Indonesia Edisi khusus Tujuh Miliar Manusia Periode Januari – Desember 2011)

Hermawan, Adi Puspita (2013) Masalah Kependudukan Dalam Media (Studi Analisis Isi Masalah Kependudukan yang Direpresentasikan dalam Majalah National Geographic Indonesia Edisi khusus Tujuh Miliar Manusia Periode Januari – Desember 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
3._Halaman_Depan_(Cover-Abstrak)_-_(Adi_Puspita_Hermawan).pdf

Download (684kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I_(Adi_Puspita_Hermawan).pdf

Download (263kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II_(Adi_Puspita_Hermawan).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III_(Adi_Puspita_Hermawan).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV_(Adi_Puspita_Hermawan).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA_(Adi_Puspita_Hermawan).pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
2._Naskah_Publikasi_Ilmiah_(Adi_Puspita_Hermawan).pdf

Download (328kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari sebuah pandangan bahwa keberadaan isi teks media massa mempunyai peran sentral dalam menyampaikan informasi kepada khalayaknya. Penelitian ini bersumber dari artikel majalah, yang akan melihat teks sebagai bentuk representasi suatu persoalan yang ditampilkan secara kontinu. Dengan kata lain, media massa tidak semata-mata menyajikan informasi tetapi juga mempunyai fungsi sebagai pembangkit makna (the generation of meaning) dalam bentuk gagasan atau maksud-maksud tertentu yang dituangkan dalam isi sebuah teks. Representasi media mengenai masalah kependudukan akan dikupas dalam penelitian ini. Masalah kependudukan semakin menjadi beban masyarakat dunia. Persoalan datang silih berganti, seiring laju pertumbuhan penduduk yang tidak terbendung. Masalah kependudukan telah berpengaruh besar terhadap kestabilan kondisi sosial, ekonomi, politik, dan lingkungan. Persoalan demografi yang menumpuk tersebut membutuhkan solusi kongkret untuk mengentaskannya. Majalah National Geographic Indonesia edisi khusus tujuh miliar manusia pun mencoba menampilkan fenomena masalah kependudukan dunia yang terjadi hingga abad ke-21, mulai dari persoalan umum hingga kompleks mengenai demografi, serta solusi bijak untuk menyelsaikan persoalan yang menimpa penduduk dunia. Penelitian ini mencoba menganalisis teks Majalah National Geographic Indonesia dalam merepresentasikan masalah kependudukan yang menjadi tanggung jawab penduduk dunia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Masalah kependudukan yang direpresentasikan dalam teks Majalah National Geographic Indonesia terbagi dalam tiga kategori yaitu, fenomena ledakan penduduk, terbatasnya kemampuan alam, dan disintegrasi sosial. Hal ini menunjukkan masalah kependudukan yang terjadi di dunia semakin kompleks, dari penelitian ini juga secara mendalam akan mengetahui problematika demografi yang terjadi di beberapa negara dunia. Solusi alternatif pun ditampilkan Majalah National Geographic Indonesia dalam rangka menghalau permasalahan tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Masalah Kependudukan, Makna, Kualitatif, Analisis Isi.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 08 Mar 2013 12:00
Last Modified: 08 Mar 2013 12:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23056

Actions (login required)

View Item View Item