Film Tanah Air Beta Dan Sikap Nasionalisme (Studi Eksperimen Pengaruh Film Tanah Air Beta Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa-Siswi kelas VIII di SMP N 4 Surakarta)

Oktaviani, Yuli Oky (2012) Film Tanah Air Beta Dan Sikap Nasionalisme (Studi Eksperimen Pengaruh Film Tanah Air Beta Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa-Siswi kelas VIII di SMP N 4 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (280kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pesatnya kemajuan jaman saat ini mengakibatkan pudarnya rasa nasionalisme oleh masyarakat Indonesia khususnya dikalangan para remaja atau generasi muda. Walau begitu dalam dunia perfilman masih ada film yang mengandung nasionalisme, salah satunya yaitu film “Tanah Air Beta”, film ini diangkat berdasarkan kisah nyata pasca proses referendum tanggal 30 Agustus 1999, 12 tahun yang lalu berdampak pengungsian warga Timor-Timur memilih tinggal di tanah air Indonesia. Dalam penelitian ini, memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh film Tanah Air Beta terhadap sikap nasionalisme siswa-siswi SMP N 4 Surakarta. Yakni membandingkan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen dari hasil uji t. Penulis menggunakan studi eksperimen dengan desain Post test-Only Control Designs. Setelah dilakukan penelitian terdapat 3 aspek yang diukur yakni, 1. Cinta Tanah Air, 2. Persatuan dan Kesatuan Bangsa, 3. Toleransi. Dengan hasil ada perbedaan antara siswa yang menonton film Tanah Air Beta dan yang tidak menonton film Tanah Air Beta. Pada aspek cinta tanah air memperoleh nilai thitung sebesar 9,278. Aspek persatuan dan kesatuan bangsa memperoleh nilai thitung sebesar 15,514. Aspek toleransi nilai thitung sebesar 5,744 dengan masing-masing nilai p-value sebesar 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Jadi, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa film Tanah Air Beta memiliki nilai pengaruh yang lebih tinggi kepada kelompok yang menonton film (Eksperimen) dibanding kelompok yang tidak menonton film (kontrol) terhadap aspek-aspek sikap nasionalisme.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Film Tanah Air Beta, Nasionalisme, Studi Eksperimen.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 08 Mar 2013 11:37
Last Modified: 08 Mar 2013 11:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23054

Actions (login required)

View Item View Item