Analisis Isi Pesan Dakwah dalam Film Emak Ingin Naik Haji

Shalihah, Ulfah Mar’atus (2012) Analisis Isi Pesan Dakwah dalam Film Emak Ingin Naik Haji. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI__.pdf

Download (361kB)

Abstract

Film merupakan salah satu media komunikasi, film digunakan sebagai media untuk merefleksikan realitas dan membentuk realitas. Suatu jenis film tertentu akan memiliki dampak atau pengaruh terhadap sekelompok orang. Film selalu mempengaruhi dan membentuk masyarakat berdasarkan muatan pesan didalamnya. Salah satunya adalah film Emak Ingin Naik Haji, yang menyajikan muatan-muatan positif untuk kita teladani. Studi ini berusaha menganalisis tentang frekuensi dakwah yang tersaji dalam Film Emak Ingin Naik Haji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan pesan dakwah apa saja yang terdapat dalam Film Emak Ingin Naik Haji dan apakah jenis pesan dakwah yang dominan tervisualisasi dalam Film Emak Ingin Naik Haji. Kerangka teori dalam penelitian ini melihat komunikasi sebagai proses transmisi pesan dan dakwah. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan film Emak ingin naik haji sebagai objeknya. Dengan jenis-jenis dakwah adalah Ibadah yang terdiri dari sholat lima waktu, membaca Al-qur’an, niat pergi haji dan mencari nafkah, dan pernikahan, variabel muamallah terdiri dari menolong sesama, jual-beli, utang-piutang, dan lembaga islam, sedangkan variabel akhlak mulia terdiri dari berbakti kepada orang tua, berikhtiar dan kemuliaan hati. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil review per scene untuk kategori ibadah, frekuensi yang dominan adalah indikator niat pergi haji yang muncul 16 kali dari keseluruhan scene. Kemudian untuk kategori muamallah, indikator yang dominan adalah menolong sesama yang muncul sebanyak 18 kali, sedangkan untuk kategori akhlak mulia, indikator yang dominan adalah kemuliaan hati yang muncul sebanyak 17 kali scene yang ada di film Emak Ingin Naik haji. Dari hasil analisis per scene diatas untuk keseluruhannya yaitu variabel ibadah muncul sebanyak 41 kali atau 41,8% dari seluruh scene yaitu 63 scene, kategori muamallah muncul 31 kali atau 26% dari 63 scene, dan katagori akhlakul kharimah muncul sebanyak 31 kali atau 32,2% dari keseluruhan scene yang ada di film Emak Ingin Naik Haji. Dari seluruh hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kecenderungan tema yang ada dalam film Emak Ingin Naik Haji adalah pesan dakwah untuk beribadah haji bagi muslim yang mampu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Analis Isi, Emak Ingin Naik Haji
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 08 Mar 2013 11:31
Last Modified: 08 Mar 2013 11:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23053

Actions (login required)

View Item View Item