Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Sidomukti Kecamatan Jenawi Tahun Pelajaran 2012/2013

Suratmi, Suratmi and , Drs. Suwarno, M.Pd (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Sidomukti Kecamatan Jenawi Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (490kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI_N.pdf

Download (401kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan pendekatan Jigsaw pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Sidomukti kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah Guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Sidomukti kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari 20 siswa, pada siklus III hanya 2 yang belum tuntas, atau 18 siswa telah tuntas. Ketuntasan 18 siswa menunjukkan ketercapaian dari indikator kinerja 85%, karena ketuntasan 18 siswa = ketercapaian KKM telah mencapai 90%, yang berarti telah diatas indikator pencapaian. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan yakni: ”Penerapan Pendekatan Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Sidomukti Jenawi Tahun 2012/2013” dapat di terima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan jigsaw,hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Mar 2013 11:13
Last Modified: 03 Nov 2021 03:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23047

Actions (login required)

View Item View Item