Peningkatan Kemampuan Pemahaman Materi IPS Melalui Metode Make A Match Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Sringin Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Sariyem, Sariyem and , Drs. M. Yahya, M.Si (2013) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Materi IPS Melalui Metode Make A Match Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Sringin Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (540kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (440kB)

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman materi IPS konsep Aktivitas Ekonomi melalui metode pembelajaran make a match pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Sringin Jumantono tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Sringin Jumantono. Objek penelitian ini adalah pembelajaran kemampuan pemahaman materi siswa. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus, dengan teknik analisis data interaktif. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman materi IPS melalui penerapan metode pembelajaran make a match pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Sringin Jumantono. Persentase kemampuan pemahaman materi IPS siswa pada siklus I adalah 73% dan meningkat pada siklus II sebesar 93% memenuhi indikator kinerja penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: make a match, pemahaman, metode.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Mar 2013 06:50
Last Modified: 03 Nov 2021 02:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23037

Actions (login required)

View Item View Item