Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA dengan Strategi Everyone Is a Teacher Here pada Siswa Kelas VI Semester II SDN 02 Ngargoyoso Tahun 2012 / 2013

Sutriyono, Sutriyono and , Drs. Sutan Syahrir Zabda,M.H (2013) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA dengan Strategi Everyone Is a Teacher Here pada Siswa Kelas VI Semester II SDN 02 Ngargoyoso Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (545kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (454kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Keaktifan belajar IPA melalui strategi everyone is a teacher here pada siswa kelas VI Semester II SDN 02 Ngargoyoso Tahun 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI semester II di SD Negeri 02 Ngargoyoso Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik komparatif kritis antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran pra siklus ke siklus I terjadi penurunan kriteria keaktifan sangat rendah,rendah, sedang sebesar 24,24% dari 57,57 % menjadi 33,33% dan peningkatan kriteria keaktifan tinggi dan sangat tinggi sebesar 24,24% dari 42,42% menjadi 66,66%. Sedangkan pada tindakan siklus I ke tindakan siklus II terjadi penurunan kriteria keaktifan sangat rendah,rendah, sedang sebesar 9,09% dari 33,33% menjadi 24,24% dan peningkatan kriteria keaktifan tinggi dan sangat tinggi sebesar 9,09% dari 66,66% menjadi 75,75%. Hasil ini telah mencapai indikator pencapaian penelitian yang ditentukan yaitu 70%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa” Dengan strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas VI semester II SD Negeri 02 Ngargoyoso Tahun 2012/2013”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi everyone is a teacher here, keaktifan belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Mar 2013 06:13
Last Modified: 03 Nov 2021 02:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23034

Actions (login required)

View Item View Item