Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010

Sari, Devi Erlina and , Dra. Wuryaningsih DL, MM (2013) Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (385kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham pada perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan digunakan sebagai masukan untuk menilai harga saham dan pengambilan keputusan kebijakan sehubungan dengan portofolio investasi di pasar modal dengan mempertimbangkan faktor profitabilitas untuk memprediksi harga saham. Penelitian ini menurut analisis datanya termasuk penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang menganalisis data yang berbentuk angka. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah industri perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Purposive Sampling yaitu sampel dimana elemen-elemen yang dimasukkan dalam sampel dilakukan dengan sengaja, dengan alasan bahwa sampel tersebut memenuhi kriteria tertentu dan representative atau mewakili populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah beberapa perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2008-2010. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia. Hal ini dimungkinkan karena adanya pengembalian yang tidak sebanding antara investasi dengan keuntungan, sehingga menjadikan investor mengalami kerugian yang akibatnya menurunkan minat investor dalam berinvestasi, sehingga hal itu akan berdampak terhadap menurunnya harga saham. ROE berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat keuntungan perusahaan yang diperoleh dari modal saham akan semakin meningkatkan harga saham. NPM tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia. Hal ini dimungkinkan laba operasional yang diperoleh perusahaan bukanlah laba yang bersih, sehingga tidak memberikan keuntungan bagi investor yang berakibat pada menurunnya harga saham.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: return on assets, return on equity, net profit margin, harga saham.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 07 Mar 2013 12:37
Last Modified: 01 Nov 2021 13:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23033

Actions (login required)

View Item View Item