Perbandingan Kemampuan Motorik Halus Anak Antara Yang Diintervensi Orang Tua Dan Yang Tidak Diintervensi Orang Tua Dalam Penyelesaian Tugas Di Kelas Di TK Manggung Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Nugraheni, Diana Wahyu and , Dr. Darsinah, M.Si and , Drs. Mulyadi S.K., S.H.,M.Pd (2013) Perbandingan Kemampuan Motorik Halus Anak Antara Yang Diintervensi Orang Tua Dan Yang Tidak Diintervensi Orang Tua Dalam Penyelesaian Tugas Di Kelas Di TK Manggung Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (380kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (518kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan motorik halus anak antara yang diintervensi orang tua berbeda dengan yang tidak diintervensi orang tua. Metode pengumpulan data kemampuan motorik halus anak dengan observasi dan intervensi orangtua dikumpulkan melalui angket. Populasi dalam penelitian ini adalah anak Kelompok A TK Manggung, Ngemplak, Boyolali berjumlah 116 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan jumlah subjek sampel sebanyak 58 anak TK. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis anava satu jalur (one way anova) dimana peneliti mencari perbedaan skoring antara kemampuan motorik halus antara anak yang diintervensi orang tua dan anak yang tidak diintervensi orang tua. Berdasar hasil analisis anava satu jalur (one way anova) diperoleh nilai F = 69,146 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga diketahui ada perbedaan kemampuan motorik halus anak antara yang diintervensi orang tua dan yang tidak diintervensi orang tua saat pembelajaran pada kelompok A di TK Manggung, Ngemplak, Boyolali Tahun pelajaran 2012/2013. Anak yang tidak diintervensi oleh orang tua memiliki kemampuan motorik halus lebih bagus dibanding dengan yang di intervensi oarang tua di TK Manggung, Ngemplak, Boyolali Tahun pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan motorik halus, intervensi orangtua
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Mar 2013 09:04
Last Modified: 04 Nov 2021 21:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23022

Actions (login required)

View Item View Item