Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Karyawisata Kelompok B di RA Ummu Salamah Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013

Ariyanti, Desy Aditia and , Dr. Darsinah, M.Si and , Drs. Sundari, SH, M.Hum. (2013) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Karyawisata Kelompok B di RA Ummu Salamah Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (897kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui metode karyawisata kelompok B di RA Ummu Salamah Kartasura Tahun 2012/2013. Jenis Penelitian adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B RA Ummu Salamah Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan catatan lapangan untuk mengamati proses pembelajaran melalui metode karyawisata dan keterampilan berbicara. Analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif untuk mengolah data keterampilan berbicara dan analisis interaktif untuk menganalisis metode karyawisata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara anak melalui metode karyawisata di setiap tindakan, yakni sebelum tindakan mencapai 40,31%, siklus I mencapai 52,03%, siklus II mencapai 62.96%, dan siklus III mencapai 78,12%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode karyawisata dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak didik kelompok B di RA Ummu Salamah Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Metode Karyawisata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Mar 2013 07:04
Last Modified: 04 Nov 2021 21:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23019

Actions (login required)

View Item View Item