Nilai Edukasi dan Sosial dalam Novel Orang Miskin Dilarang Sekolah Karya Wiwid Prasetyo: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implikasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA

Puteri, Nanik Dwijaya and , Drs. Joko Sutarso, M.Si and , Drs. Zainal Arifin, M.Hum (2013) Nilai Edukasi dan Sosial dalam Novel Orang Miskin Dilarang Sekolah Karya Wiwid Prasetyo: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implikasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (570kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (781kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan unsur-unsur novel OMDS karya Wiwid Prasetyo, (2) mendeskripsikan nilai edukasi dalam novel OMDS karya Wiwid Prasetyo, dan (3) mendeskripsikan nilai sosial dalam novel OMDS karya Wiwid Prasetyo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian berupa struktur, nilai edukasi dan sosial dalam novel OMDS karya Wiwid Prasetyo tinjauan sosiologi sastra. Data yang diteliti dalam penelitian berupa wacana pada novel. Sumber data primer dalam penelitian adalah novel tersebut. Sumber data sekunder dalam penelitian berupa artikel di internet dan data-data yang bersumber dari buku acuan yang berhubungan dengan permasalahan penelitian Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak dan catat. Validitas data menggunakan trianggulasi teori. Teknik analisis data menggunakan metode dialektika. Berdasarkan analisis struktural, tema dalam novel OMDS karya Wiwid Prasetyo tentang perjuangan dan semangat demi mengecap bangku sekolah serta mewujudkan mimpi dan harapan dalam situasi serba kekurangan. Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju. Tokohtokoh yang dianalisis adalah Faisal, Pambudi, Pepeng, Yudi, Kania, Bu Mutia, dan Rena. Latar pada novel dibagi menjadi tiga bagian yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar sosial. Hasil penelitian ditemukan adanya nilai edukasi dan nilai sosial dalam novel OMDS karya Wiwid Prasetyo. Nilai edukasi yang dominan dalam novel adalah (1) penghargaan, (2) cinta dan kasih sayang, (3) tanggung jawab, (4) kesederhanaan, dan (5) meyakini dan percaya adanya Tuhan YME. Nilai sosial yang dominan dalam novel ini adalah Life Harmony (keserasian hidup) yang terdiri atas (1) nilai keadilan, (2) nilai toleransi, (3) nilai kerjasama, dan (4) nilai demokrasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Novel OMDS, nilai edukasi, dan nilai sosial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 06 Mar 2013 12:14
Last Modified: 29 Oct 2021 03:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23015

Actions (login required)

View Item View Item