Konflik Batin dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA

Wahyuni, Leni and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd (2013) Konflik Batin dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_VI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy (2) mendeskripsikan konflik batin tokoh Ayyas dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskripstif. Objek penelitian ini adalah konflik batin dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Sumber data yang dipakai adalah sumber data primer yakni novel Bumi Cinta dan sumber data skunder yakni www.kangabik@yahoo.com. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pembaca model semiotik yang terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) struktur novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy difokuskan pada: tema, alur, penokohan, dan latar. Tema dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy adalah perjuangan seorang pemuda bernama Muhammad Ayyas mempertahankan keimanannya di tengah-tengah kehidupan Negara bebas purnografi, purnoaksi, free sex, yaitu Negara Rusia; alurnya menggunakan alur maju, tokoh utamanya Muhammad Ayyas, latar tempat meliputi apartemen Kwartira, bandara Sheremetyevo, Stasiun metrosmolenskaya, dan MGU; latar waktu terjadi sekitar tahun 2006 selama lima bulan, sejak tiba di Moskwa sampai selesai penelitian tesis; latar sosial merupakan latar saat Ayyas mengerti kehidupan Moskwa yang begitu bebas dalam pergaulan.(2) Konflik batin dalam novel Bumi Cinta terdapat 3 konflik. a) konflik mendekat-mendekat, terdapat dua konflik 1) konflik antara rasa bahagia dengan rasa bersyukur dan 2) konflik antara senang dengan terharu. b) konflik batin mendekat-menjauh, terdapat dua konflik, 1) konflik antara senang dengan ketidak nyamanan, 2) konflik antara senang dengan kecewa. c) konflik menjauh-menjauh, terdapat dua konflik, 1) konflik antara percaya dan tidak percaya dan 2) konflik antara sedih dengankekecewaan. Hasil penelitian juga dapat diimplementasikan kasikan ke dalam pembelajaran di SMA khususnya kelas XI.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Novel Bumi Cinta, Konflik Batin, Psikologi Sastra, pembelajaran Sastra di SMA
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 06 Mar 2013 12:06
Last Modified: 29 Oct 2021 03:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23014

Actions (login required)

View Item View Item