Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Kooperatif Tipe Stad Siswa Kelas V Sd Negeri Purwodiningratan Surakarta

FATHONI, KHOIRUL (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Kooperatif Tipe Stad Siswa Kelas V Sd Negeri Purwodiningratan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (696kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran kemampuan menulis narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pemanfaatan metode kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V semester I SD Negeri Purwodiningratan, (2) Mendeskripsikan peningkatan kualitas dan hasil kemampuan menulis narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan metode kooperatif tipe STAD pada siswa di kelas V semester I SDNegeri Purwodiningratan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Purwodiningratan yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi dokumen, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran menulis narasi. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Penerapan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pembelajaran menulis narasi. Hal ini ditandai keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis narasi mengalami peningkatan tiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif 41,79% sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 85,29%, 2) Kualitas proses keterampilan pembelajaran menulis narasi siswa meningkat, yang meliputi perhatian siswa, aktivitas siswa, dan peran guru, 3) kualitas hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata siswa hanya mencapai 70,16 dan pada siklus II meningkat mencapai nilai rata-rata sebesar 74,51. Dengan demikian, penerapan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan menulis karangan narasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis, karangan narasi, PTK.
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 06 Mar 2013 11:28
Last Modified: 06 Mar 2013 11:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23009

Actions (login required)

View Item View Item