Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (Ttw) Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Ngabenrejo Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013

Prakasiwi, Rindang and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (Ttw) Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Ngabenrejo Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (281kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (345kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Ngabenrejo Grobogan melalui penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Ngabenrejo Grobogan yang berjumlah 25 siswa. Penelitian diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Validitas data yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dan juga validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi proses analisis data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi pecahan. Peningkatan motivasi terlihat dalam 3 indikator, yaitu ulet menghadapi kesulitan, lebih senang bekerja mandiri, dan dapat mempertahankan pendapatnya. Pada indikator ulet menghadapi kesulitan pada prasiklus 36% pada siklus I 60% pada siklus II 76%. Lebih senang bekerja mandiri pada prasiklus 44% pada siklus I 56% pada siklus II 84%. Dapat mempertahankan pendapatnya pada prasiklus 20% pada siklus I 32% pada siklus II 76%. Selain peningkatan motivasi, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 20% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I sebesar 44%, dan diakhir tindakan pada siklus II sebesar 80%. Penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri 2 Ngabenrejo Grobogan tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: think-talk-write (TTW), motivasi, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2013 10:51
Last Modified: 29 Oct 2021 15:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23002

Actions (login required)

View Item View Item