Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Pendekatan Komunikatif (Communicative Approach)Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Guwokajen Boyolali

Hastuti, Shanti Fudyi and , Dr. Samino, M.M. and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Pendekatan Komunikatif (Communicative Approach)Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Guwokajen Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUIBLIKASI.pdf

Download (96kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca nyaring melalui pendekatan komunikatif (communicative approach) pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Guwokajen Boyolali tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau(Classroom Action Research ). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 Guwokajen pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis per siklus dengan indikator kinerja 70% dari hasil belajar tiap siklus. Teknik analisis data secara komparatif dan interaktif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini: (1) Berdasarkan hasil secara keseluruhan diketahui terdapat peningkatan keterampilan membaca nyaring melalui pendekatan komunikatif (com-municative approach ) pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Guwokajen Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011, hal ini dapat dilihat dari rata-rata keterampilan membaca nyaring pada Pra Siklus 63,70, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 76,10 dan Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 83,10; (2) Hipotesis yang menyatakan bahwa “penggunaan pendekatan komunikatif (communicative approach) dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Guwokajen Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012”, terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca nyaring, communicative approach.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2013 10:43
Last Modified: 29 Oct 2021 15:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23000

Actions (login required)

View Item View Item