Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pojok 02 Tahun Ajaran 2012/2013

Latifah, Umi and , Drs. Muhroji, S.E., M.Si. (2013) Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pojok 02 Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (276kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (213kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan 2) meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui metode CIRC. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Pojok 02 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : 1) Kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) mampu meningkatkan keaktifan siswa, yang meliputi a) keaktifan dalam mengajukan pertanyaan pada tahap pra siklus sebesar 30,76% (8 siswa), pada siklu//s I sebesar 50% (13 siswa), dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 80,76% (21 siswa), b) keaktifan dalam menjawab pertanyaan dari guru pada tahap pra siklus sebesar 30,76% (8 siswa), pada siklus I sebesar 42,30% (11 siswa), dan diakhir pelaksanaan tindakan sebesar 76,92% (20 siswa), c)Keaktifan memberikan tangggapan atas jawaban atau pernyataan dari siswa yang lain pada tahap pra siklus sebesar 26,92% (7 siswa), pada siklus I sebesar 38,46% (10 siswa) dan diakhir pelaksanaan tindakan sebesar 76,92% (20 siswa), d) Keaktifan dalam menyampaikan kesimpulan dari materi yang dipelajari pada tahap pra siklus sebesar 38,46% (10 siswa), pada siklus I sebesar 42,30% (11 siswa), dan diakhir pelaksanaan tindakan sebesar 88, 40% (23 siswa) serta 2)Pembelajaran melalui metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang mencapai standar nilai KKM yaitu 70 pada tahap pra siklus adalah 30,76% (8 siswa), pada siklus I sebesar 57,69% (15 siswa), dan akhir pelaksanaan tindakan mencapai 76,92% (20 siswa).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, metode CIRC, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2013 10:27
Last Modified: 29 Oct 2021 13:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22998

Actions (login required)

View Item View Item