Latifah, Umi and , Drs. Muhroji, S.E., M.Si. (2013) Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pojok 02 Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (276kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (213kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan 2) meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui metode CIRC. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Pojok 02 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : 1) Kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) mampu meningkatkan keaktifan siswa, yang meliputi a) keaktifan dalam mengajukan pertanyaan pada tahap pra siklus sebesar 30,76% (8 siswa), pada siklu//s I sebesar 50% (13 siswa), dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 80,76% (21 siswa), b) keaktifan dalam menjawab pertanyaan dari guru pada tahap pra siklus sebesar 30,76% (8 siswa), pada siklus I sebesar 42,30% (11 siswa), dan diakhir pelaksanaan tindakan sebesar 76,92% (20 siswa), c)Keaktifan memberikan tangggapan atas jawaban atau pernyataan dari siswa yang lain pada tahap pra siklus sebesar 26,92% (7 siswa), pada siklus I sebesar 38,46% (10 siswa) dan diakhir pelaksanaan tindakan sebesar 76,92% (20 siswa), d) Keaktifan dalam menyampaikan kesimpulan dari materi yang dipelajari pada tahap pra siklus sebesar 38,46% (10 siswa), pada siklus I sebesar 42,30% (11 siswa), dan diakhir pelaksanaan tindakan sebesar 88, 40% (23 siswa) serta 2)Pembelajaran melalui metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang mencapai standar nilai KKM yaitu 70 pada tahap pra siklus adalah 30,76% (8 siswa), pada siklus I sebesar 57,69% (15 siswa), dan akhir pelaksanaan tindakan mencapai 76,92% (20 siswa).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, metode CIRC, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2013 10:27 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 13:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22998 |
Actions (login required)
View Item |