Implementasi Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sd N 1 Menjing Jenawi Karanganyar Tahun 2012/2013

Maharsasmudi, Rivano (2013) Implementasi Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sd N 1 Menjing Jenawi Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (865kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_ILMIAH_SKRIPSI.pdf

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari implementasi multimedia dalam pembelajaran matematika ditinjau dari minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Menjing Kecamatan Jenawi Karanganyar tahun 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan mulai Bulan Desember sampai dengan Bulan Februari 2013. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas kelas IV yang jumlahnya 26 orang siswa. Terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode penggumpulan data yang digunakan yakni metode wawancara, observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola analisis interaktif, mulai dari kegiatan pengumpulan data, reduksi data dan diteruskan dengan penyajian data. Dari penyajian data tersebut dapat digunakan menyusun penarikan kesimpulan sementara. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa minat belajar siswa dapat dilihat dari dua hal, yakni minat sebelum pelajaran dan kondisi minat saat pembelajaran berlangsung. Kondisi minat sebelum pembelajaran merupakan kondisi minat bawaan yang dipengaruji oleh dua hal yakni persepsi tentang mudah atau sulitnya pelajaran matematika dan faktor suka atau tidak suka terhadap pelajaran matematika. Keuntungan dari implementasi multimedia dalam pembelajaran adalah dapat digunakan sebagai sarana untuk penyampaian materi yang lebih luas dan mempercepat dalam penyampaian pelajaran. Multimedia yang dikemas dengan tampilan yang menarik dapat membuat siswa menjadi senang dan cenderung tidak bosan terhadap pembelajaran. Kondisi minat siswa saat pembelajaran berlangsung masih tetap terjaga dengan baik dari awal hingga akhir pembelajaran terbukti siswa antusisas dalam pembelajaran, aktif dalam pembelajaran,mengerjakan perintah guru dengan baik dan interaksi guru dengan siswa baik. Analisis data berdasarkan evaluasi implementasi multimedia dalam pembelajaran memberikan dampak terhadap beberapa hal, yakni (1) meningkatnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran,(2) kondisi pembelajaran yang lebih interaktif, (3)prestasi belajar siswa yang meningkat, (4) adanya peningkatan minat (semangat) guru dalam mengajar, dan (5) adanya semangat pihak sekolah dalam menyediakan sarana multimedia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: multimedia, pembelajaran matematika, minat siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2013 09:18
Last Modified: 06 Mar 2013 14:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22991

Actions (login required)

View Item View Item