Peranan Buku Komunikasi Dalam Peningkatan Layanan Pendidikan Karakter Di Sdit Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013

SUDARNO, SUDARNO (2013) Peranan Buku Komunikasi Dalam Peningkatan Layanan Pendidikan Karakter Di Sdit Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLKASI.pdf

Download (554kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan buku komunikasi dalam peningkatan layanan pendidikan karakter di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas/Guru dan siswa, sedangkan ojek yang diteliti adalah peranan buku komunikasi dalam peningkatan layanan pendidikan karakter di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura tahun ajaran 2012/2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif, yaitu dengan memberikan keterangan dan penjelasan dari data hasil wawancara agar dapat dipahami keterkaitannya. Di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Buku Komunikasi digunakan pada kelas I sampai dengan Kelas V. Wali Murid dan sekolah butuh adanya Buku Komunikasi. Buku Komunikasi memiliki peranan yang penting dalam peningkatan layanan pendidikan karakter, diantaranya: 1)Buku komunikasi menjadi media penghubung antara Wali Murid dengan sekolah. Wali Kelas dapat melaporkan perilaku dan perkembangan siswa di sekolah kepada Wali Murid dan Wali Murid dapat melaporkan perilaku dan perkembangan siswa saat di rumah kepada Sekolah 2) Buku komunikasi berperan sebagai alat kontrol perilaku dan karakter siswa dalam kedisiplinan beribadah, sopan santun, akidah, akhlak dan ketertiban. 3) Buku komunikasi menjadi wadah bagi Wali Murid dan orang tua siswa dalam memotivasi siswa agar terpacu menjadi lebih baik. 4) Melalui buku komunikasi Orang tua siswa dapat menyampaikan kritik dan saran yang membangun kepada sekolah dan melalui Buku Komunikasi sekolah mengajak Orang tua siswa untuk sama-sama menjadi contoh yang baik dalam upaya penanaman karakter pada diri siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: buku komunikasi, pendidikan karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2013 08:58
Last Modified: 06 Mar 2013 14:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22989

Actions (login required)

View Item View Item