Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Giving Question And Getting Answer Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Plupuh I Tahun Ajaran 2012/2013

Okinawati,, Arika Yulia (2013) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Giving Question And Getting Answer Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Plupuh I Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._PUBLIKASI.pdf

Download (471kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui metode giving question and getting answer pada pembelajaran ipa kelas IV SD Negeri Plupuh I yang berjumlah 26 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD negeri Plupuh I dan subyek pemberi tindakan adalah guru obyek penelitian adalah penerapan metode giving question and getting answer untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan penerapan metode giving question and getting answer pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Plupuh I menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi terlihat dalam indikator yaitu A, B, C,dan D. indikator A berupa siswa berani bertanya, dalam kategori ini motivasi belajar sebelum tindakan tercatat 34,61%, pada siklus I meningkat menjadi 38,46%, dan pada siklus II meningkat menjadi 73,07%. Indikator B berupa siswa berani mengeluarkan pendapat, dalam kategori ini motivasi belajar sebelum tindakan tercatat 30,77%, pada siklus I meningkat menjadi 38,46%, dan pada siklus II meningkat 76,92%. Indikator C berupa siswa aktif dalam kerja kelompok, dalam kategori ini motivasi belajar sebelum tindakan tercatat 23,07%, pada siklus I meningkat menjadi 50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 84,61%. Indikator D berupa siswa aktif dalam mengerjakan soal, dalam kategori ini motivasi belajar sebelum tindakan tercatat 11,53%, pada siklus I hasil masih sama yaitu 11,53%, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,92%. Selain dari motivasi belajar, hasil belajar siswa dengan penerapan metode giving question and getting answer juga terjadi adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil sebelum tindakan siswa yang tuntas KKM sebesar 23,07%, pada siklus I meningkat menjadi 34,61, dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 65,38%. Kesimpulan dari penelitian ini dengan menggunakan metode giving question and getting answer dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Plupuh I.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Giving Question And Getting Answer, Motivasi, dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Mar 2013 11:41
Last Modified: 05 Mar 2013 11:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22982

Actions (login required)

View Item View Item