Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Brainstroming (Curah Pendapat) Dengan Media Lcd Pada Siswa Kelas V SDN 03 Sepanjang Tawangmangu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Purnamasari, Septiana and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Brainstroming (Curah Pendapat) Dengan Media Lcd Pada Siswa Kelas V SDN 03 Sepanjang Tawangmangu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (800kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (612kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode brainstorming (curah pendapat) dengan media LCD pada siswa kelas V SDN 03 Sepanjang Tawangmangu Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah guru dan siswa Kelas V SDN 03 Sepanjang, kecamatan Tawangmangu tahun ajaran 2012/2013. Adapun guru kelas V adalah Budiono Ama.Pd, sedangkan siswa yang diteliti adalah siswa Kelas V yang berjumlah 22 siswa, putra 14 dan putri 8. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. hasil belajar siswa yang berkaitan dengan ketuntasan belajar dalam mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar ≥ 70 dalam proses pembelajaran IPA melalui penerapan metode pembelajaran Brainstroming atau curah pendapat yaitu, hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 41% atau sebanyak 9 siswa, pada pelaksanaan siklus I sebesar 65% atau sebanyak 14 siswa, dan pelaksanaan siklus II sebesar 88% atau sebanyak 19 siswa. Berdasarkan hasil perolehan tersebut hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari sebelum pelaksanaan tindakan sampai pelaksanaan siklus II sebesar 47% atau sebanyak 10 siswa. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: metode pembelajaran Brainstroming atau curah pendapat dengan media LCD dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 03 Sepanjang Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: brainstroming (curah pendapat), media lcd
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Mar 2013 09:09
Last Modified: 28 Oct 2021 10:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22977

Actions (login required)

View Item View Item