Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas IV SDN Ngarum 2 Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Wibowo, Erix and , Dr. Samino, M.M. (2013) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas IV SDN Ngarum 2 Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (408kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (446kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Ngarum 2 Kabupaten Sragen dengan penerapan metode think pair share yang menjadi subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi yang dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari pra siklus, siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari hasil motivasi belajar siswa dan observasi. Motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode think pair share. Siklus I siswa yang termotivasi dalam mengikuti belajar yaitu 12 sekitar (48%) siswa yang termotivasi. Pada siklus II siswa yang termotivasi dalam mengikuti belajar yaitu 21 sekitar (84%) siswa yang termotivasi. Adapun indikator motivasi belajar siswa yaitu : 1) Memperhatikan penjelasan guru 68%, 2) Keberanian bertanya 48%, 3) Menjawab pertanyaan 44%. Pada siklus II naik menjadi : 1) Memperhatikan penjelasan guru 80%, 2) Keberanian bertanya 80%, 3) Menjawab pertanyaan 76%. Aspek motivasi membawa dampak positif pada hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang mencapai KKM yaitu 15 sekitar (60%) siswa, pada siklus II siswa yang mencapai KKM yaitu 21 sekitar (84%) siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode think pair share dapat meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Ngarum Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode think pair share, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Mar 2013 06:28
Last Modified: 28 Oct 2021 10:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22966

Actions (login required)

View Item View Item