Efektivitas Program Pinjaman Bergulir Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Korelasi Pada PNPM Mandiri Perkotaan di BKM “Amanah Sejahtera” Kelurahan Siswodipuran Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali)

Wardani , Ririn Kusuma (2012) Efektivitas Program Pinjaman Bergulir Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Korelasi Pada PNPM Mandiri Perkotaan di BKM “Amanah Sejahtera” Kelurahan Siswodipuran Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (869kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (251kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (557kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Dalam menanggulangi masalah kemiskinan di perkotaan diperlukan adanya penangganan khusus sebagai terobosan dalam mengatasinya. Melalui Program Pinjaman Bergulir diharapkan mampu mendorong terciptanya lapangan kerja dan kesempatan mengembangkan usaha kecil guna membangun kehidupan mandiri sehingga mampu keluar dari masalah kemiskinan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara efektivitas Program Pinjaman Bergulir terhadap kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Siswodipuran Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dimana sampel yang diambil dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dari seluruh masyarakat Siswodipuran yang tercatat sebagai anggota KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) di BKM "Amanah Sejahtera" yang masih aktif melalui sampel acak sederhana (simple random sampling). Dari keseluruhan responden yang terdaftar sebagai anggota KSM di BKM “Amanah Sejahtera” sebanyak 300, dengan melaui sampel acak sederhana (simple random sampling) dapat diambil sampel sebanyak 75 responden. Adapun teknik analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah analisis regresi sederhana. Hasil yang diperoleh adalah persamaan Y= 25,557 + 0,499X. Hal ini menunjukkan bahwa konstanta (a) 25,557 berarti apabila tidak ada variabel efektivitas Program Pinjaman Bergulir, maka nilai kesejahteraan masyarakat sebesar 25,557, sedangkan besarnya koefisien regresi variabel independen adalah 0.499, berarti apabila variabel efektivitas Program Pinjaman Bergulir meningkat 1 point, maka variabel ini mempunyai pengaruh positif terhadap kesejahteraan masyarakat sebesar 0,499. selanjutnya bila diuji dengan hipotesis uji t ditunjukkan nilai thitung>ttabel yaitu 5,569>1,99 dengan taraf signifikan 5%, maka dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara efektivitas Program Pinjaman Bergulir terhadap kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian mampu diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 29,8% yang artinya besarnya kontribusi variabel efektivitas Program Pinjaman Bergulir terhadap kesejahteraan masyarakat sebesar 29,8%, sedangkan sisanya sebesar 70,2% yang dipengaruhi dari variabel lain di luar penelitian yang tidak teridentifikasi. Atas dasar penelitian di lapangan, penulis menyimpulkan bahwa Program Pinjaman Bergulir berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Siswodipuran Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Program Pinjaman Bergulir, kesejahteraan masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Mar 2013 12:21
Last Modified: 04 Mar 2013 12:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22960

Actions (login required)

View Item View Item