Wacana Politik Tajuk Rencana Kompas Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta Tahun 2012(Studi Analisis Wacana Tajuk Rencana Tentang Pilkada DKI Jakarta Pada Harian Kompas Bulan Mei-Juli 2012),

Nurwaningsih, Syari and , Fajar Junaedi, M.Si and , Rinasari Kusuma, M.I.Kom (2013) Wacana Politik Tajuk Rencana Kompas Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta Tahun 2012(Studi Analisis Wacana Tajuk Rencana Tentang Pilkada DKI Jakarta Pada Harian Kompas Bulan Mei-Juli 2012),. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (259kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Perubahan era Reformasi telah membawa angin segar bagi perkembangan sistem demokrasi. Semangat demokrasi juga bisa dirasakan oleh publik, dimana publik bisa ikut andil dan berperan dalam setiap proses demokrasi dalam ranah politik. Salah satu cerminan demokrasi yaitu melalui proses pemilihan kepala daerah DKI Jakarta yang dilakukan secara langsung. Animo publik yang begitu besar ditunjukan untuk mendukung setiap pasangan calon, yang ternyata hal ini tidak hanya diperlihatkan oleh publik Jakarta saja, melainkan hampir seluruh masyarakat Indonesia ikut kedalam euforia tersebut. Keberhasilan meregup animo publik tidak bisa dilepaskan dari peran media massa. Media menampilkan isu dari berbagai sudut pandang, misalnya saja surat kabar Kompas. Kompas menampilkan isu Pilkada ini dari sisi yang berbeda, yaitu melalui tajuk rencananya. Tajuk rencana yang merupakan sikap media itu sendiri dirasa mampu untuk mempengaruhi opini serta pandangan publik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji wacana politik yang ditampilkan dalam tajuk rencana Kompas tentang pilkada DKI Jakarta 2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Untuk menganalisis tajuk rencana-tajuk rencana tersebut, peneliti menggunakan analisis wacana dengan metode Van Dijk dalam level teks. Untuk membongkar makna yang terkandung dalam teks, digunakan elemen-elemen yang dikembangkan Van Dijk, yang terdiri dari 3 struktur, yaitu struktur makro, superstruktur dan struktur mikro. Dengan penggunaan model tersebut, maka akan diketahui bagaimana Kompas menampilkan peristiwa Pilkada DKI Jakarta melalui wacana tajuk rencana. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa sistem demokrasi di Indonesia masih jauh dari kestabilan khususnya dalam Pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta. Banyaknya Permasalahan yang seringkali muncul dan belum adanya penyelesaian mengakibatkan terhambatnya proses pemilihan. Tetapi disisi lain, publik sudah bersifat kritis dan terbuka selama proses demokrasi berlangsung. Dalam menampilkan wacana, disini Kompas lebih cenderung mengarah pada model tajuk rencana yakni model jalan tengah (MJT), dan model angin surga (MAS).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wacana Politik, Kompas, Tajuk Rencana
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Mar 2013 12:14
Last Modified: 22 Oct 2021 04:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22957

Actions (login required)

View Item View Item