Wacana Perempuan dan Politik di Media Massa (Analisis Wacana Konstruksi Perempuan di Bidang Politik dalam Majalah Kartini Edisi Khusus 100 Wanita Terinspiratif Tahun 2008-2011 Kategori Politik)

Rista, Intan Zulfiana (2013) Wacana Perempuan dan Politik di Media Massa (Analisis Wacana Konstruksi Perempuan di Bidang Politik dalam Majalah Kartini Edisi Khusus 100 Wanita Terinspiratif Tahun 2008-2011 Kategori Politik). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Cover.pdf

Download (470kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (343kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (391kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Keberadaan perempuan dalam sektor publik bisa dikatakan masih mendapat sikap pro kontra di negeri ini. Banyaknya pro kontra mengenai hal tersebut berhubungan dengan budaya patriarki yang menempatkan perempuan dalam sektor domestik. Salah satu pro kontra mengenai perempuan dalam sektor publik misalnya keberadaan perempuan dalam bidang politik. Berbagai pandangan mengenai perempuan di sektor publik, termasuk di dunia politik dikonstruksikan salah satunya oleh media massa. Namun, setiap media massa memiliki sudut pandang yang berbeda tentang perempuan dalam pemberitaannya. Misalnya saja majalah Kartini, yang telah cukup konsisten mengkonstruksikan perempuan di bidang politik melalui teksnya pada Edisi Khusus 100 Wanita Terinspiratif tahun 2008-2011 kategori politik. Dalam edisi dan kategori tersebut ditampilkan beberapa teks tentang politisi perempuan baik yang menduduki jabatan di Dewan Perwakilan Daerah (DPD) maupun Dewan Perwaklian Rakyat (DPR). Penelitian ini mengkaji teks politisi perempuan yang duduk di kursi DPR. Penelitian bertujuan untuk mengkaji wacana dalam teks-teks tersebut dalam mengkonstruksikan perempuan di sektor publik khususnya di bidang politik. Untuk menganalisisnya, digunakan analisis wacana dengan metode analisis wacana Teun A. van Dijk dalam level teks. Untuk menganalisis wacana yang dibentuk oleh teks-teks objek penelitian digunakan elemen-elemen wacana yang dikembangkan van Dijk seperti struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Dari wacana yang dibentuk elemen-elemen tersebut akan disimpulkan bagaimana konstruksi perempuan di bidang politik yang dibentuk oleh majalah Kartini dalam teks-teks tersebut. Dari hasil analisis, ditemukan bahwa majalah Kartini memiliki sikap positif terhadap perempuan yang terjun dalam dunia politik. Melalui wacana yang dibentuk teks-teksnya, Kartini mengkonstruksikan perempuan dalam bidang politik khususnya yang duduk di kursi DPR sebagai wakil rakyat yang peduli dan memperjuangkan nasib kaum perempuan dan anak, berdedikasi terhadap rakyat, berprestasi dan berpengalaman, serta tangguh dalam menghadapi dunia politik yang keras. Dari konstruksi tersebut, dapat dilihat bahwa Kartini yang merupakan majalah yang berfokus pada kemajuan kaum perempuan, menunjukkan dukungan serta aksinya dalam mewujudkan visi dan misinya melalui teksnya. Melalui teks-teks objek penelitian ini, Kartini juga terlihat berbeda dengan media massa lain, yang seringnya menampilkan sisi negatif perempuan atau yang tidak berhubungan dengan kemampuan dan potensi kaum perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Wacana, Perempuan, Politik
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Mar 2013 11:34
Last Modified: 04 Mar 2013 13:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22948

Actions (login required)

View Item View Item