Analisis Penerimaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Terhadap Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama Dan Pluralisme Dalam Film ”?” (Tanda Tanya)

Fauzan, Ahmad and , Fajar Junaedi, M.Si and , Rinasari Kusuma, M.I.Kom (2013) Analisis Penerimaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Terhadap Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama Dan Pluralisme Dalam Film ”?” (Tanda Tanya). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (314kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (420kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.PDF

Download (473kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (37kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada isu toleransi dan pluralisme agama yang sempat menjadi perdebatan di dalam masyarakat. Banyak media yang mengangkat tentang nilai-nilai toleransi dan pluralisme agama sebagai tema acara. Hal ini bisa dilihat dari berbagai acara di dalam dunia hiburan melalui tanyangan televisi baik acara musik, iklan dan film yang mengangkat tentang nilai-nilai toleransi dan pluralisme agama. Film “?”(Tanda Tanya) ini adalah salah satu film yang mengangkat nilai toleransi sosial antar umat beragama. Akan tetapi film ini lebih cenderung mengandung unsur pluralisme yang menjadi permasalahan di dalam masyarakat. Dengan melihat permasalahan tersebut maka ditemukan permasalahan penelitian yang berhubungan dengan penerimaan khalayak terhadap nilai toleransi dan pluralisme agama di dalam film “?” (Tanda Tanya) yaitu (1) Bagaimana penerimaan masyarakat terhadap nilai toleransi agama ? (2) Bagaimana penerimaan masyarakat terhadap nilai Toleransi dalam konteks konflik sosial, budaya ? dan (3) Bagaimana penerimaan masyarakat terhadap nilai Nilai Pluralisme agama ?. Untuk dapat menjawab rumusan masalah yang dikemukakan, peneliti menggunakan analisis Reception analisys encoding-decoding Stuart Hal sebagai metodologi dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan berfokus pada penerimaan khalayak terhadap film ini baik verbal maupun non verbal. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana perbedaan penerimaan khalayak terhadap film “?” (Tanda Tanya). Dengan mengambil mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagai informan dengan afiliasi berbeda yaitu mahasiswa dengan afiliasi umum, organisasi IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) dan mahasiswa beragama Kristen. Dapat di simpulkan bahwa dari setiap informan mempunyai penerimaan yang berbeda yaitu Oppositional (‘counter hegemonic’) reading. pembaca tidak sejalan dengan kode-kode program dan menolak makna atau pembacaan yang disodorkan, dan kemudian menentukan frame alternatif sendiri di dalam menginterpretasikan pesan/program, Dominant (atau ‘hegemonic’) reading dimana pembaca sejalan dengan kode-kode program (yang didalamnya terkandung nilai-nilai,sikap,keyakinan dan asumsi) dan secara penuh menerima makna yang disodorkan dan dikehendaki oleh pembuat program, Negotiated reading : pembaca dalam batas-batas tertentu sejalan dengan kode-kode program dan pada dasar nya menerima makna yang disodorkan oleh pembuat program namun memodifikasikannya sedemikian rupa sehingga mencerminkan posisi dan minat-minat pribadinya. Melalui hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerimaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta terhadap nilai-nilai toleransi antar umat beragama dan pluralisme Dalam Film ”?” (Tanda Tanya) menunjukan pro dan kontra terhadap pesan yang disampaikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reception, toleransi dan pluralisme agama, film
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Mar 2013 11:23
Last Modified: 22 Oct 2021 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22944

Actions (login required)

View Item View Item