Analisis Resepsi Penonton Perempuan Yan Sudah Menikah Terhadap Kekerasan Pada Perempuan Di Film Die Fremde (When We Leave)

Fatin, Aisyah and , Fajar Junaedi, M.Si and , Rinasari Kusuma, M.I.Kom (2013) Analisis Resepsi Penonton Perempuan Yan Sudah Menikah Terhadap Kekerasan Pada Perempuan Di Film Die Fremde (When We Leave). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi_(isi).pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (247kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)

Abstract

Film merupakan salah satu media komunikasi yang popular pada saat ini. Berbagai macam isi dari film bisa mempunyai makna yang berbeda-beda bagi khalayak yang menikmatinya. Film Die Fremde (When we Leave) ini sendiri merupakan salah satu film yang bercerita tentang kekerasan yang di alami oleh perempuan. Kekerasan yang terjadi tidak hanya dilakukan oleh suaminya saja, tetapi juga dilakukan oleh keluarganya. Film ini menunjukkan dimana perbedaan peran berdasarkan gender bisa sebagai pemicu kekerasan, terutama yang dilakukan oleh keluarga sendiri. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pemaknaan mendalam dari para penonton yang sudah menikah terhadap film Die Fremde (When we Leave) ini, dimana untuk mengetahui pemaknaan yang didapat dari informan tentang segala bentuk kekerasan terhadap perempuan maka digunakan metode analisis resepsi. Dengan metode ini, data di dapatkan dengan cara wawancara mendalam (in-depth interview). Informan ditentukan dengan beberapa kriteria. Dari hasil wawancara kepada para informan, disimpulkan bahwa seluruh informan berada pada posisi oppositional atau menilai makna yang ada dalam film tersebut bertentangan dengan diri mereka dan kondisi sekitar mereka, dan beberapa berada pada posisi negotiated atau menerima makna yang ditawarkan tetapi pada kondisi tertentu. Informan tidak setuju dengan segala bentuk kekerasan yang dialami perempuan. Menurut informan, kekerasan terhadap perempuan tidak perlu terjadi apalagi pelaku adalah suami dan keluarga dari korban.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis resepsi, kekerasan pada perempuan, khalayak.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Mar 2013 11:14
Last Modified: 22 Oct 2021 03:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22943

Actions (login required)

View Item View Item