Penerapan Strategi Card Sort Kolaborasi Team Quiz Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran PKN Di Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

INDIKAWATI, FIAN CHRISNA (2013) Penerapan Strategi Card Sort Kolaborasi Team Quiz Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran PKN Di Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Uiveesitas Muhammadiyah surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (475kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (472kB)

Abstract

Tujuan khusus dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII A SMP Muhhamadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013 melalui penerapan strategi Card Sort kolaborasi Team Quiz. Sebelum diadakan tindakan penelitian aktivitas belajar siswa kurang. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah menggunakan strategi Card Sort kolaborasi Team Quiz. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, guru dan kepala sekolah SMP Muhammadiyah 10``````````` Surakarta. Sumber data diperoleh dari informan dan tempat penelitian, setting penelitian ini di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini melalui empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus diharapkan dengan penerapan strategi Card Sort kolaborasi Team Quiz aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013 dapat meningkat minimal 80% dari 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa kelas VIII A berdasarkan indikator aktivitas belajar sebelum tindakan adalah hanya 7 siswa (25,92%) dari 27 siswa. Setelah pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan strategi Card Sort kolaborasi Team Quiz, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 19 siswa (70,37%) dan siklus II meningkat menjadi 24 siswa (88,88%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga melalui Penerapan Strategi Card Sort Kolaborasi Team Quiz dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Siswa, Strategi Pembelajaran, Card Sort, Team
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 04 Mar 2013 11:15
Last Modified: 04 Mar 2013 11:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22938

Actions (login required)

View Item View Item