Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Purwodadi Tahun Ajaran 2012/2013

Nisa, Choirotun and , Drs. Joko Suwandi, SE., M.Pd, (2013) Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Purwodadi Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (863kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB__I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Prestasi yang dicapai siswa kelas XI IPS SMAN 1 Purwodadi menunjukkan prestasi yang bagus karena nilai di atas KKM. Prestasi tersebutlah yang menjadikan peneliti ingin meneliti penyebab bagusnya prestasi yang dicapai siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi, (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi, (3) pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwodadi berjumlah 88 siswa dengan sampel sebanyak 70 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan analisis regresi linier berganda dan pembahasan disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif antara media pembelajaran terhadap prestasi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Purwodadi tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti karena media pembelajaran memperoleh angka koefisien sebesar 0,166 yang bertanda positif dan berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel media pembelajaran sebesar 3,717 sehingga thitung > ttabel atau 3,717 > 1,996 (α = 5%) dengan sumbangan efektif 19,2%. (2) Ada pengaruh yang positif antara kemandirian belajar terhadap prestasi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Purwodadi tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti karena kemandirian belajar memperoleh angka koefisien sebesar 0,162 yang bertanda positif dan berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kemandirian belajar sebesar 3,140 sehingga thitung > ttabel atau 3,140 > 1,996 (α= 5%) dengan sumbangan efektif 14,8%. (3) Ada pengaruh yang positif antara media pembelajaran dan kemandirian belajar yang secara bersama-sama terhadap prestasi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Purwodadi tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 17,295 lebih besar dari Ftabel yang sebesar 3,133 (α = 5%) dengan total sumbangan efektif sebesar 34%, yang berarti 34% prestasi siswa dipengaruhi oleh variabel media pembelajaran dan kemandirian belajar, sisanya sebesar 66% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, kemandirian belajar, prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Mar 2013 08:56
Last Modified: 02 Nov 2021 02:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22934

Actions (login required)

View Item View Item