Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bermain Peran Bagi Anak Kelompok B2 Pada TK MTA 1 Alas Tuwo Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012-2013

Wijayanti, Kartika and , Dr. Samino, MM (2013) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bermain Peran Bagi Anak Kelompok B2 Pada TK MTA 1 Alas Tuwo Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_1.pdf

Download (696kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_I_kartika.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_III_kartika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_kartika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka_kartika.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI.pdf

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak TK MTA I Alastuwo Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar ta'nun peiajaran 2012/2013. Peneiitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan November 2012 sampai bulan Januari 2013 dengan menggunakan desain peneritian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refieksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK MTA I Alastuwo. Data yang diklumpulkan berupa kemampuan berbahasa anak dan proses penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan metode komparatif. Hasii penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak dengan menggunakan metode bermain peran mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningatan dari siklus I sampai dengan siklus II. Persentase rata-rata kemampuan bahasa anak meningkat dari prasiklus 45,16% menjadi 61,83% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 80%. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B2 TK MTA 1 Alastuwo Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbahasa, metode bermain peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Mar 2013 08:05
Last Modified: 27 Oct 2021 06:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22927

Actions (login required)

View Item View Item