Peningkatan Kemampuan Memahami Konsep Sains Melalui Kegiatan Outbound Pada Anak Kelompok B TK Petiwi I Jetis Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Hasanah, Linda Nur and , Drs. M. Djaelani, M.Pd. (2013) Peningkatan Kemampuan Memahami Konsep Sains Melalui Kegiatan Outbound Pada Anak Kelompok B TK Petiwi I Jetis Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (734kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep sains melalui kegiatan outbound pada anak kelompok B TK Pertiwi I Jetis Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penilitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi I Jetis Sambirejo Sragen dengan jumlah siswa 25 anak yang terdiri dari 14 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep sains anak menggunakan kegiatan outbound. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklusnya dilakukan dua pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus, ini dapat dilihat dari presentase hasil observasi. Siklus I sebesar 52%, siklus II sebesar 64%, siklus III sebesar 80%. Adanya peningkatan dari setiap siklus menunjukkan bahwa penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “didiga dengan menggunakan kegiatan outbound dapat meningkatkan memahami konsep sains anak kelompok B TK Pertiwi I Jetis Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2012/2013” terbukti dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan outbound, pemahaman konsep sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Mar 2013 07:36
Last Modified: 04 Nov 2021 20:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22924

Actions (login required)

View Item View Item