Upaya Peningkatan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Outbond Pada Anak Kelompok A Ra Mutiara Karangbangun Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013

Suharni, Suharni (2013) Upaya Peningkatan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Outbond Pada Anak Kelompok A Ra Mutiara Karangbangun Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Rasa percaya diri anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara meningkatkan rasa percaya diri anak adalah melalui kegiatan outbond. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri anak melalui kegiatan outbond. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan repleksi (replecting). Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A RA Mutiara Karangbangun Matesih Karanganyar, semester I tahun pelajaran 2012/2013. Adapun jumlah anak didik kelompok A RA Mutiara Karangbangun Matesih Karanganyar adalah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah dan guru kelas. Data disimpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara komparatif, yaitu perbandingan antara rasa percaya diri dengan indikasi pencapaian pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan rasa percaya diri anak melalui kegiatan outbond, yakni rasa percaya diri anak pada prasiklus sebesar 49,75% peningkatan rasa percaya diri anak pada siklus I sebesar 64,75%, peningkatan rasa percaya diri anak pada siklus II mencapai 69% dan peningkatan rasa percaya diri anak pada siklus III mencapai 82,37%, untuk meningkatkan rasa percaya diri anak melalui kegiatan outbond juga didukung oleh beberapa indikator yaitu berani bertanya dan menjawab pertanyaan. Menunjukkan kebanggaan terhadap hasil karya sendiri, melaksanakan tugas yang diberikan, menyelesaikan tugas yang diberikan, berani bercerita secara sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan outbond dapat meningkatkan rasa percaya diri anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: rasa percaya diri, kegiatan outbond
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Mar 2013 06:57
Last Modified: 02 Mar 2013 11:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22920

Actions (login required)

View Item View Item