STUDI KOMPARASI TENTANG PENGARUH MEDIA PENGAJARAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2008

WASKITO, Agus (2008) STUDI KOMPARASI TENTANG PENGARUH MEDIA PENGAJARAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210040066.pdf

Download (346kB)
[img] PDF
A210040066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negri 2 Karanganyar tahun ajaran 2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2008. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas (60 siswa) yang diambil dengan teknik random sampling dengan Kuota. Data yang diperlukan diperoleh melalui pemberian tes. Soal tes yang akan digunakan sebelumnya diuji dengan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran. Teknik analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t. Hasil analisis memperoleh nilai thitung > ttabel (3,369 > 2,000) pada taraf signifikansi 5%, maka terdapat perbedaan prestasi belajar ekonomi antara kelompok siswa yang diberi pembelajaran dengan media LKS dan tanpa LKS. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi hasil pembelajaran dengan media LKS (70,967) lebih tinggi dari pada prestasi belajar ekonomi hasil pembelajaran tanpa media LKS (60,400). Artinya pembelajaran dengan media LKS terbukti lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2008 dipengaruhi oleh pembelajaran dengan media LKS. Siswa yang diberi pembelajaran dengan media LKS memperoleh prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang diberi pembelajaran tanpa LKS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, lembar kerja siswa (LKS), prestasi belajar ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 08 Jun 2009 08:48
Last Modified: 17 Nov 2010 00:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2292

Actions (login required)

View Item View Item