Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Pada Kelompok B TK Pertiwi 1 Nambangan Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013

Wijayanti, Dhona and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Pada Kelompok B TK Pertiwi 1 Nambangan Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan Kolase di Kelompok B TK Pertiwi 1 Nambangan Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek tindakan penelitian ini adalah kelompok B TK Pertiwi 1 Nambangan yang berjumlah 16 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi hasil karya anak. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 3 siklus, masing-masing siklus 2 pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dianalisis dengan teknik komparatif / perbandingan yaitu membandingkan hasil yang dicapai anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya perkembangan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan Kolase pada setiap siklusnya. Kemampuan anak berkembang dari prasiklus 41,75% menjadi 52,93% pada siklus I. Pada siklus II kemampuannya berkembang menjadi 72,56%. Pada siklus III kemampuannya berkembang menjadi 85,81%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan Kolase dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: fisik motorik halus, Kolase
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Mar 2013 06:26
Last Modified: 04 Nov 2021 20:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22919

Actions (login required)

View Item View Item