Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Mergomulyo Ngadiluwih Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013 (Penelitian Tindakan Kelas)

Puspitasari, Marita (2013) Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Mergomulyo Ngadiluwih Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013 (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lmapiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan rasa percaya diri anak TK Aisyiyah Mergomulyo, Ngadiluwih, Matesih, Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan mulai bulan Juni 2012 sampai bulan Desember 2012 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Mergomulyo. Data yang dikumpulkan berupa peningkatan rasa percaya diri melalui metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa percaya diri anak dengan menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus III. Kemampuan anak meningkat dari prasiklus 46,5% menjadi 61,25 % pada siklus I, Siklus II 70,12%, dan pada siklus III manjadi 78,37%. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan rasa percaya diri anak keompok A TK Aisyiyah Mergomulyo, Ngadiluwih, Matesih, Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode bercerita, rasa percaya diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Mar 2013 06:09
Last Modified: 02 Mar 2013 12:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22917

Actions (login required)

View Item View Item