Peningkatkan Kemampuan Berbahasa Jawa Melalui Metode Tembang Dolanan Kelas B Di Tk Salamah Desa Majasanga Kecamatan Jebres Kabupaten Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Pratiwi, Helen (2013) Peningkatkan Kemampuan Berbahasa Jawa Melalui Metode Tembang Dolanan Kelas B Di Tk Salamah Desa Majasanga Kecamatan Jebres Kabupaten Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (233kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (478kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa jawa melalui metode Tembang Dolanan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Salamah desa sibela majasanga Surakarta tahun ajaran 2010 /2011, dan obyek penelitian ini adalah kemampuan berbahasa jawa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan triangulasi penyelidikan dengan jalan memanfaatkan peneliti atau penguatan untuk pengecekan kembali derajat kepercayaan data. Pemanfaatan pengamatan lainya dalam hal ini adalah guru kelas Bdan kepala sekolah.Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa jawa anak didik. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil kemampuan berbahasa jawa anak sebelum perlakukan adalah 45,26%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode tembang dolanan pada siklus I hasilke mampuan berbahasa jawa anak meningkat menjadi 66,18% padasiklus II hasil kemampuan berbahasa jawa anak meningkat menjadi 77,45% dan pada siklus III meningkat menjadi 83,17%. Secara keseluruhan dengan penggunaan metode tembang dolanan mampu meningkatkan kemampuan berbahasa jawa anak B di TK Salamah Desa Sibela Majasanga Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa Jawa dan Metode Tembang Dolanan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2013 10:35
Last Modified: 27 Feb 2013 10:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22898

Actions (login required)

View Item View Item