Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Melalui Bercerita Dengan Celemek Cerita Pada Kelompok B Tkit Az Zahra Gondang Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Amini, Nafisah and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2013) Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Melalui Bercerita Dengan Celemek Cerita Pada Kelompok B Tkit Az Zahra Gondang Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Awal.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (244kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap tanggung jawab melalui bercerita dengan media celemek cerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TKIT Az Zahra Gondang yang berjumlah12 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah, dan guru. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara komparatif yaitu membandingkan hasil rata-rata sikap tanggung jawab anak setiap siklus dengan indikator keberhasilan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan sikap tanggung jawab anak melalui bercerita dengan celemek cerita, dari 39,17% pada kondisi prasiklus meningkat menjadi 50,83% pada siklus I, 66,25% pada siklus II dan menjadi 77,92% pada siklus III. Peningkatan sikap tanggung jawab anak dipengaruhi oleh penggunaan metode bercerita dengan celemek cerita, isi cerita yang disampaikan, dan penguasaan tehnik bercerita guru. Selain itu keberhasilan dalam peningkatan sikap tanggung jawab juga didukung metode pendukung yaitu dengan memberitahukan hasil belajar dengan apresiasi berupa ucapan “Terima kasih sudah bertanggung jawab dengan merapikan mainan, menyimpan tas di rak dsb”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bercerita dengan celemek cerita dapat meningkatkan sikap tanggung jawab.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap tanggung jawab, Celemek cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2013 10:25
Last Modified: 04 Nov 2021 12:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22896

Actions (login required)

View Item View Item