Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Metode Pembelajaran College Ball Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Jati 02 Sumberlawang Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Aturani, Yeni (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Metode Pembelajaran College Ball Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Jati 02 Sumberlawang Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Jati 02 melalui penerapan metode College Ball. Subyek penerima tindakan adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri Jati 02. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dikumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi tersebut terlihat dalam 3 indikator yaitu memperhatikan penjelasan guru, keberanian bertanya, dan menjawab pertanyaan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya motivasi siswa dari masing-masing indikator. Pada pra siklus siswa yang memperhatikan penjelasan guru sebanyak 13 siswa, siswa yang berani bertanya sebanyak 5 siswa, dan siswa yang menjawab pertanyaan sebanyak 9 siswa. Siklus I pertemuan pertama siswa yang memperhatikan penjelasan guru sebanyak 14 siswa, siswa yang berani bertanya sebanyak 7 siswa, dan siswa yang menjawab pertanyaan sebanyak 11 siswa. Pada siklus I pertemuan kedua siswa yang memperhatikan penjelasan guru sebanyak 18 siswa, siswa yang berani bertanya sebanyak 12 siswa, dan siswa yang menjawab pertanyaan sebanyak 17 siswa. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama siswa yang memperhatikan penjelasan guru sebanyak 24 siswa, siswa yang berani bertanya sebanyak 15 siswa, dan siswa yang menjawab pertanyaan sebanyak 23 siswa. Dan pada siklus II pertemuan kedua siswa yang memperhatikan penjelasan guru sebanyak 28 siswa, siswa yang berani bertanya sebanyak 20 siswa, dan siswa yang menjawab pertanyaan sebanyak 26 siswa. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata nilai hasil belajar pra siklus sebanyak 59,97, siklus I naik menjadi 65,80, sedangkan siklus II juga mengalami peningkatan pula menjadi 77,70.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: college ball, motivasi, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2013 09:41
Last Modified: 27 Feb 2013 09:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22893

Actions (login required)

View Item View Item