Penerapan Strategi Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Karanganyar 01 Weru Sukoharjo

Permatasari, Ristika (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Karanganyar 01 Weru Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (550kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (247kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (515kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Two Stay Two Stray pada siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar 01 Weru Sukoharjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. subjek pemberi tindakan adalah peneliti yang bekerjasama dengan guru kelas IV dan sebagai subjek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar 01 Weru Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 16 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan test. Teknik analisis data pada penelitian ini deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar 01 Weru Sukoharjo dalam pembelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Two Stay Two Stray. Peningkatan aktivitas belajar siswa terlihat dari meningkatnya aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran, yaitu: 1) aktivitas siswa dalam bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 31,25%, pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 75%; 2) aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 25%, pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 81,25%; 3) aktivitas siswa dalam mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan sebesar 12,5%, pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 75%; 4) aktivitas aktivitas siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan dan tugas sebelum tindakan sebesar 18,75%, pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 87,5%; 5) aktivitas siswa dalam berdiskusi dengan kelompok sebelum tindakan sebesar 12,5%, pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 81,25%. Sedangkan hasil tes evaluasi kognitif siswa sebelum diadakan tindakan siswa yang tuntas sebesar 18,75%, pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS sekaligus berdampak pada peningkatan hasil tes evaluasi kognitif siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar 01 Weru Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2013 08:56
Last Modified: 27 Feb 2013 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22888

Actions (login required)

View Item View Item