Peningkatan Pemahaman Konsep Soal Cerita Matematika Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas Iva Sd Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun Ajaran 2012/2013

Purwandari, Eka and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Soal Cerita Matematika Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas Iva Sd Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (387kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (704kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar soal cerita matematika melalui metode tutor sebaya pada siswa kelas IVA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IVA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta yang berjumlah 27 siswa. Penelitian diawali dengan dialog awal, kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi evaluasi dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melakui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode tutor sebaya di SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa terhadap soal cerita matematika. Peningkatan pemahaman konsep tersebut terlihat dalam indikator yaitu A, B, C, dan D. Pada indikator A berupa menjawab pertanyaan guru yang ditandai dengan banyaknya siswa yang mampu menjawab pertanyaan guru dengan benar. Dalam kategori penilaian pemahaman konsep siswa sebelum tindakan tercatat sebesar 33,33% atau 9 siswa, pada siklus I tercatat sebesar 55,56% atau 15 siswa, pada siklus II tercatat 85,19 % atau 23 siswa. Indikator B atau mengemukakan pendapat ditandai antusias siswa dalam mengeluarkan pendapat saat pembelajaran.. Dalam kategori penilaian pemahaman konsep sebelum tindakan tercatat sebesar 25,93% atau 7 siswa, pada siklus I sebesar 59,26% atau 16 siswa, pada siklus II sebesar 81,48% atau 22 siswa. Indikator C yaitu kemampuan dalam berkelompok ditandai aktifnya siswa dalam berdiskusi kelompok. Dalam kategori penilaian pemahaman konsep tercatat sebelum tindakan 25,93% atau 7 siswa, pada siklus I tercatat 51,85% atau 14 siswa, pada siklus II tercatat 85,19% atau 23 siswa. Indikator selanjutnya adalah indikator D atau menyimpulkan materi ditandai kemampuan siswa dalam menyimpulkan materi yang telah disampaikan oleh guru. Dalam penilaian pemahaman konsep sebelum tindakan tercatat 18,52% atau 5 siswa, pada siklus I tercatat 40,74 % atau 11 siswa, pada siklus II 77,78% atau 21 siswa. Selain peningkatan pemahaman konsep, hasil belajar juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan 51,85%, pada siklus I mencapai 66,67% dan pada siklus II mencapai 81,48%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan pemahaman konsep soal cerita matematika siswa kelas IVA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tutor Sebaya, pemahaman konsep, dan hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2013 08:43
Last Modified: 28 Oct 2021 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22886

Actions (login required)

View Item View Item